Sabtu, 07 Juni 2014

Penyebab dan Gejala Penyakit Asma

Penyebab penyakit asma  - Penyakit asma adalah suatu jenis penyakit gangguan pernafasan khususnya paru-paru. Penyakit asma biasa dikenal dengan penyakit sesak  nafas, hal ini dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernafasan yang bersifat sementara akibat meningkatnya reaktivitas Trachea dan Brochus terhadap suatu rangsangan tertentu dan menyebabkan peradangan serta penyempitan pada pembuluh darah dan udara yang mengalirkan oksigen dari paru-paru dan rongga dada. Pada penderita asma, penyempitan saluran pernapasan merupakan respon terhadap rangsangan,  yang pada paru-paru normal tidak akan memengaruhi saluran pernapasan.

Penyebab Penyakit Asma


Gejala awal dari timbulnya penyakit asma adalah adanya gejala sesak nafas, batuk dan suara mengi (bengek). Serangan asma terjadi secara tiba-tiba, dan bisa berlangsung selama beberapa menit, beberapa jam hingga beberapa hari.

Orang yang memiliki penyakit asma biasanya membawa gen yang rentan untuk terkena asma. Selain itu, ada beberapa factor yang menjadi penyebab sesorang terkena asma. Berikut adalah faktor penyebab penyakit asma:

Penyebab Penyakit Asma

1. Bawaan atau Turunan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau orang yang memiliki penyakit asma membawa gen yang rentan terhadap penyakit asma, yang artinya bahwa salah satu faktor penyebab penyakit asma adalah gen bawaan atau turunan. Jika dikeluarga kita memiliki riwayat penyakit asma, maka tidak menutup kemungkinan untuk kita mengidap penyakit tersebut.  Perlu diketahui bahwa penyakit asma bukanlah penyakit yang menular, melainkan penyakit keturunan akibat dari gen bawaan.

Oleh karena itu, jika Anda sudah mengetahui kalau diriwayat keluarga kita ada yang mengidap penyakit asma, maka segeralah untuk mengambil tindakan untuk mengobati penyakit asma ini dengan cara berkonsultasi pada dokter spesialis.

2. Faktor Lingkungan
Berbagai faktor lingkungan yang dihubungkan dengan timbulnya asma dan eksaserbasi asma yaitu: alergen, polusi udara, dan senyawa kimiawi lingkungan lainnya. Merokok selama masa kehamilan dan setelah melahirkan dihubungkan dengan risiko yang lebih besar untuk gejala mirip asma. kualitas udara buruk, dari polusi kendaraan atau kadar ozon yang tinggi, kesemuanya itu merupakan faktor terjadinya penyakit asma.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk senangtiasa menjaga pola hidup yang sehat. Membersihkan rumah dari debu sesering mungkin dan sebisa mungkin menghindarkan anak dari benda-benda yang mudah pencetus alergi seperti boneka yang berbulu halus maupun bantal atau kasur dari kapok.

3. Faktor Makanan
Makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen begitu juga dengan kacang tanah.

4. Udara Dingin

Cuaca suhu dingin juga merupakan faktor timbulnya penyakit asma. Penggunaan AC dengan suhu  tingggi dan cuaca dingin didaerah pegunungan bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma.

Semoga bermanfaat.