Selasa, 24 Juni 2014

7 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara menghilangkan ketombe secara alami – Setiap orang pasti pernah mengalami saat dimana kulit kepala berketombe dan tentunya menginginkan kulit kepala mereka bersih dan terbebas dari ketombe. Lalu sebenarnya apakah pemicu dari ketombe? Apakah ketombe berbahaya? Dan bagaimana cara menghilangkannya?

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

"Ketombe" adalah mengelupasnya sel-sel kulit mati dari kulit kepala yang terjadi karena lapisan epidermis terus menggantikan dirinya sendiri, sel didorong keluar dan pada akhirnya mati kemudian mengelupas,  berfungsi membantu kulit agar terbebas dari kotoran yang mengendap di pori sehingga proses penyerapan nutrisi oleh kulit tidak terhambat. Yang  berarti bahwa “ketombe” ini sangat umum dialami oleh semua orang karena sel kulit kepala akan terus melakukan regenarasi.

Pengelupasan  sel-sel kulit mati dalam jumlah yang kecil adalah normal yaitu sekitar 487.000 cells/cm2 dan tidak mengganggu dengan frekuensi kecil yaitu sebulan setelah pengelupasan. Tetapi akan menjadi masalah jika kita  mengalami jumlah pengelupasan diatas normal atau bahkan kronis yaitu jika jumlah sel-sel kulit mati yang mencapai 800.000 cells/cm2 disertai dengan kemerahan dan iritasi dengan frekuensi padat yaitu hampir terjadi setiap hari. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jamur, kulit berminyak, keringat berlebih, kulit kepala yang tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang dipakai seperti shampho dan minyak rambut serta faktor lainnya. Tingkat keparahan ketombe dapat berfluktuasi dengan musim terutama pada musim dingin dan keringat berlebih.

Ketombe memang tidak berbahaya  dan tidak bisa dihilangkan secara absolute, karena regenerasi sel pasti akan terjadi, tetapi yang bisa kita lakukan adalah membuat keluarnya ketombe menjadi normal. Cara "menghilangkan" ketombe dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik perawatan menggunakan shampoo khusus, salon dan bahkan menggunakan bahan alami yang pastinya lebih aman terbebas dari efek samping. Dan berikut adalah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami:

Jeruk Nipis atau Lemon
Buah yang satu ini memang kaya akan manfaat, selain sangat baik untuk kesehatan kulit, ternyata jeruk nipis juga bisa menjadi salah satu solusi alami anda untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Cara penggunaan: peras 1 atau 2 buah jeruk nipis atau lemon. Usapkan air perasan tersebut ke seluruh bagian kulit kepala. Diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian cuci rambut dengan shampoo yang cocok dengan kulit kepala anda.

Garam
Garam merupakan kristal abrasif yang bekerja sebagai exfoliator(pengelupas kulit mati) alami. Hal ini efektif untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal akibat ketombe.

Cara penggunaan: campur setengah sendok teh garam dengan shampoo. Kemudian gosok dan pijat kulit kepala anda selama beberapa saat. Bilas dengan air. Bisa digunakan sebagai campuran saat melakukan keramas.

Daun Pandan
Cara penggunaan: siapkan daun pandan segar 5-7 lembar. Cuci hingga bersih. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk ataupun digerus kemudian dicampur dengan setengah gelas air kemudian diperas. Basuh air perasan ke rambut disertai pijatan kecil di kulit kepala, pastikan seluruh kulit kepala terbasuh. Tunggu kurang lebih selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Gel Lidah Buaya
Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit kepala agar terbebas dari ketombe.

Cara penggunaan: Pilih lidah buaya yang segar (belum layu). Patahkan di bagian tengahnya kemudian pencet hingga keluar gel. Usapkan gel tersebut ke kulit kepala. Diamkan selama 10 – 15 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Minyak Zaitun
Minyak alami ini memang terkenal karena memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah sebagai penghilang ketombe. Minyak zaitun akan menjaga tingkat keasaman kulit kepala, sehingga mencegah jamur penyebab ketombe tumbuh di kulit kepala.

Cara penggunaan: panaskan minyak zaitun secukupnya,  kemudian oleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam kemdian bilas sampai bersih.

Cuka
Cuka adalah obat yang sangat baik untuk ketombe, karena kandungan potasium dan enzim dalam cuka dapat membantu menghilangkan ketombe dan gatal di kulit kepala.

Cara penggunaan: campurkan ½ cangkir cuka dengan ½ cangkir air hangat. Setelah keramas, oleskan pada kulit kepala, kemudian biarkan beberapa saat. Lalu, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Jaga kesehatan rambut
Menjaga kesehatan rambut adalah hal yang paling pokok untuk menghilangkan ketombe. Penjagaan kesehatan rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan keramas setiap hari menggunakan shampoo khusus yang dapat mengurangi minyak berlebih dan juga jamur yang mengakibatkan ketombe. Selain itu jangan tutup rambut dalam keadaan basah karena akan menyebabkan jamur berkembang dengan cepat. Dan yang terakhir adalah menjaga kadar minyak di rambut dari makanan yang kita konsumsi dengan mengurangi makanan berminyak.

Semoga bermanfaat.