Sabtu, 07 Juni 2014

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang agar hidup sehat dan terjauh dari penyakit, karena kesehatan itu mahal harganya. Begitupun dengan kesehatan ginjal kita. Ginjal merupakan organ yang memiliki peran penting dalam proses penyaringan racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh kita kemudian yang mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dan yang membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Berikut ini adalah tips-tips sederhana untuk menjaga kesehatan ginjal.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh
Ginjal merupakan organ tubuh yang menyaring darah (200 liter/hari ) memisahkannya dari kotoran, racun, zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh yang bersumber dari makanan, minuman. Proses penyaringan tersebut  berjalan lancar jika tubuh memiliki cairan yang cukup sehingga ginjal tidak harus bekerja extra, namun apabila tubuh kekurangan cairan yang mengkibatkan darah menjadi kental, maka proses penyaringan menjadi sangat sulit sehingga akan sangat mungkin terjadi kerusakan ginjal. Selain itu, dengan adanya asupan air yang cukup akan menghambat infeksi saluran kemih serta batu pada saluran kemih (alur kolektif organ pembentuk, pengumpul dan pengosongan urin yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra).  Air yang baik itu adalah air putih yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebih, minumlah air putih antara 2-3liter per hari.

2. Mengatur pola makan yang sehat
Dengan pengaturan  pola makan yang sehat , akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Konsumsilah makanan seperti buah, sayur,daging putih tanpa lemak dan ikan, serta hindari  makanan olahan dan garam berlebih. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, maka pencernanaan pun akan terjaga. Pencernaan yang sehat akan memberikan dampak positif bagi kesehatan ginjal.

3. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol termasuk kedalam golongan zat adiktif. Minuman ini mengandung zat organik etanol atau etil alkohol (C2H5OH) yang apabila dikonsumsi secara terus menerus dan dalam dosis berlebih akan mempengaruhi fungsi ginjal menjadi abnormal dan menimbulkan gagal ginjal. Hal ini dikarenakan etil alkohol menyebabkan kontrol ginjal untuk berfungsi secara normal hilang sehingga  mengakibatkan terjadinya perubahan struktur dan fungsi ginjal serta merusak kemampuannya untuk mengatur volume, komposisi cairan dan elektrolit dalam tubuh.

4. Berhenti merokok
Seperti yang kita ketahui, bahwa rokok banyak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh seperti TAR,Nikotin, CO. Akibatnya dapat merusak ginjal bahkan menimbulkan kanker ginjal. Hal ini diakibatkan karena kandungan dalam rokok menimbulkan tekanan darah yang tidak terkontrol yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Selain itu, merokok memperlambat aliran darah ke organ-organ vital sehingga memperburuk kondisi ginjal.

5. Biasakan berolahraga
Kunci yang paling utama dalam menjaga kesehatan selain makan makanan yang sehat adalah berolahraga. Karena dengan berolahraga kadar lemak berkurang, memperlancar aliran darah dan  fikiran kita menjadi lebih sehat terhindar dari stress dan lebih rileks.