Selasa, 01 Juli 2014

7 Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Sakit Pinggang -  Sakit pinggang yang dalam bahasa kedokteran Inggris, dikenal sebagai “low back pain” ini merupakan keluhan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dialami oleh siapapun, di semua umur dan jenis kelamin. Akan tetapi Insidens tertinggi terjadi pada umur 40 tahun sampai 50 tahun.

Penyebab Sakit Pinggang


Nyeri Punggung Bawah atau Nyeri Pinggang (Low Back Pain) adalah nyeri di daerah lumbosakral dan sakroiliaka, nyeri yang dirasakan di daerah punggung bawah, dapat berupa nyeri lokal (inflamasi) maupun nyeri radikuler atau keduanya. Nyeri yang berasal dari punggung bawah dapat mangakibatkan sakit hingga ke daerah lain, atau sebaliknya nyeri yang berasal dari daerah lain dirasakan di daerah punggung bawah (referred pain).

NPB pada hakekatnya merupakan keluhan atau gejala dan bukan merupakan penyakit spesifik maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui faktor penyebabnya agar dapat diberikan pengobatan yang tepat. Beberapa tanda bahaya adanya gangguan sakit pinggang bawah selain nyeri adalah adanya gangguan buang air besar, gangguan buang air kecil, gangguan seksual, selangkangan terasa baal, nyeri menjalar ke pantat. Tanda bahaya lainnya adalah bila ada tanda-tanda keganasan, timbul nyeri sampai terkejut bangun pada malam hari, berat badan turun yang penyebabnya tidak diketahui, tetap nyeri meskipun sudah istirahat. Hal ini biasanya dikarenakan adanya penyakit sistemik yang mendasarinya juga infeksi spinal yang disertai dengan demam patut diwaspadai.

Beberapa Penyebab Sakit Pinggang:

  • Gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang, ini bisa penyebab dari sakit pinggang
  • Postur dan posisi tubuh yang salah dapat memicu sakit pinggang, hal ini dikarenakan atau misalnya saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang yang berat.
  • Terlalu banyak duduk. Makin lama seseorang duduk maka ketegangan otot dan keregangan ligamentum makin bertambah, khususnya dengan duduk membungkuk2, karena duduk dengan posisi membungkuk lama dapat menyebabkan beban yang berlebihan dan kerusakan jaringan pada vertebra lumbal. Sementara orang yang duduk tegak lebih cepat letih karena otot-otot punggungnya lebih tegang sehingga lebih cepat letih,
  • Pemakaian sepatu berhak tinggi, karena dalam keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan, bila lengkungan kedepan tersebut berlebihan,akan menimbulkan gejala sakit pinggang
  • Tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang mengikuti lenturan atas yang ditiduri
  • Kurang berolahraga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang sederhana, seperti mengangkat, mendorong, atau membungkuk.
  • Kehamilan. Kehamilan bisa menimbulkan sakit pinggang yang ditandai dengan gejala utama rasa nyeri atau perasaan lain yang tidak enak di daerah tubuh bagian belakang dari rusuk terakhir sampai bagian pantat atau anus karena pengaruh hormone yang menimbulkan gangguan pada substansi dasar bagian penyangga dan jaringan penghubung sehingga mengakibatkan menurunnya elastisitas dan fleksibilitas otot; selain itu juga disebabkan oleh faktor mekanika yang mempengaruhi kelengkungan tulang belakang oleh perubahan sikap dan penambahan beban pada saat ibu hamil